Wednesday, June 6, 2012

CHABATZ D’ENTRAR “Perchés”

Taman Fatahillah

Sabtu, 9 Juni 2012 – 14.00 & 17.00

Setelah sukses dengan « Mobile » pada Printemps Français 2011, kelompok Chabatz d’Entrar kembali ke Indonesia membawa pertunjukan terbaru mereka, “ Perchés” yang akan dilangsungkan di tempat terbuka.

Sepasang manusia, yang satu tinggi di udara, sedangkan yang lain di tanah. Dua sudut pandang tentang dunia sekitar yang mencoba untuk bertemu dan saling memahami.

Pemain akrobat Chabatz d’Entrar memberikan dimensi baru pada permainan egrang, alat yang sering dipakai dalam sirkus, melalui pertunjukan bernuansa khayali dan puitis, yang mengeksplorasi ruang, tubuh dan permasalahan hidup bersama.

Dibentuk tahun 1997 di Limousin, kelompok sirkus ini menetap di daerah pedesaan di Saint-Junien di mana mereka membuat bengkel kerja bernama “Rue du Cirque” (Jalan Sirkus).



Kelompok Chabatz d’entrar memiliki 10 karya asli. Setelah menjajal jalan-jalan di kota untuk pentas di jalanan, mereka pun akhirnya mencoba berbagai jenis seni pertunjukan lainnya (pertunjukan untuk anak-anak, tunggang kuda, kembang api, teater, dll.). Setelah puluhan kreasi semacam itu, Chabatz d’entrar mencipta satu genre sirkus yang sejak tahun 2007 mereka sebut sebagai “spectacle de planches” atau “pertunjukan papan”.

Kelompok tari ini terus mengeksplorasi berbagai kreasi seni visual di mana tubuh dan gerakan menjadi titik tolak pencarian sebuah bentuk seni pertunjukan kontemporer.

Perchés
“Ya Tuhan! Bila kita semua setinggi itu, di atas egrang, konsepsi kita tentang dunia dan perilaku kita akan jadi jauh berbeda. Seseorang yang hidup di atas egrang, bisakah ia menyesuaikan diri dengan sudut pandang manusia biasa seperti kita?”

Demikianlah titik mula pertunjukan ini… Egrang dijadikan media untuk mencari tahu apa yang mungkin terjadi ketika sepasang manusia bertemu… yang seorang wanita dan seorang lagi pria, yang satu tinggi di udara, yang lainnya menjejak tanah. Dua dunia, dua sudut pandang yang sepenuhnya berbeda tentang dunia sekitar. Karya ini bercerita tentang bagaimana memahami sudut pandang orang lain dengan penuh kelembutan, humor, cinta, akrobat, namun ada pula konflik, pertentangan dan toleransi di dalamnya. Belajar untuk mencoba hidup bersama dengan segala perbedaan yang ada…

Permainan egrang (dengan tumit terikat) menimbulkan ketidakseimbangan yang permanen. Berdiri diam di atas egrang tanpa trik adalah mustahil. Dari sudut pandang koreografi, pencarian keseimbangan ini melibatkan dimensi postural yang sangat khusus dan peka. Egrang juga sangat puitis dan imajiner. Ia berbicara sangat mendalam mengenai kita. Ia memendekkan waktu dan memperbesar ruang. Suatu sudut pandang yang jarang dicoba.

Kredit
Produksi / chabatz d’entrar
Produksi bersama / La Mégisserie, Pôle Culturel de Saint-Junien; le Sirque, Pôle Cirque de Nexon; le Théâtre de Cusset, scène conventionnée Cirque; La Batoude, Centre des arts du Cirque de Beauvais; La Cascade, Maison des Arts du Clown et du Cirque de Bourg-Saint-Andéol; Le Moulin de l’Etang, Billom; pusat kebudayaan Yves Furet, La Souterraine; le Service Culturel de la Ville de Riom; SHEMS’Y Ecole Nationale des Arts du Cirque du Maroc; l’Institut Français de Rabat, Kenitra et Salé; le Service Culturel de la ville Tremblay-en-France, la DRAC Limousin; le Conseil Régional du Limousin; Le Fond Leader Châtaigneraie Limousine.

Formasi
Konsep dan interpretasi: Anne-Karine Keller, Olivier Léger
Sutradara dan bahan: Rémy Balagué
Penata cahaya dan skenografi: Stéphane Jollard
Penata musik dan suara: Yves-Henry Guillonet
Kostum: Emmanuelle Grobet
Tata Panggung: Silvère Bartoux
Website:
http://www.chabatzdentrar.eu/
http://www.siparhasard.com/

TUR CHABATZ D’ENTRAR DI INDONESIA

YOGYAKARTA
3 Juni – 15.00 & 17.00
Taman Pintar Yogyakarta
Jl. Panembahan Senopati No. 1-3
http://www.tamanpintar.com/
Gratis

PURWOKERTO
5 Juni – 14.00 & 17.00
Lapangan Rektorat Universitas Jenderal Soedirman
Jl. HR Boenyamin 708 Purwokerto
T. (0281) 635 292
Gratis

BANDUNG
7 Juni – 15.00 & 17.00
IFI Bandung
Jl. Purnawarman no. 32 Bandung 40117
T. (022) 421 2418
Gratis

JAKARTA
9 Juni – 14.00 & 17.00
Taman Fatahillah
Jl. Taman Fatahillah No. 1 Jakarta
T. (021) 692 9101
Gratis

Rekanan resmi/Partenaires officiels/Official partners
Groovia Lite Telkom, Le Méridien Jakarta, Oh La La Cafe, Sheraton Surabaya, Total E&P Indonésie, Weda Bay Nickel

Rekanan pendamping/Partenaires associé/Associate partner
Ibis Bandung

Bekerja sama dengan/En collaboration avec/In collaboration with:
DKI Jakarta

Didukung oleh/Avec le soutien de/Supported by:
Institut Français, Aqua Danone, Phoenix Yogyakarta, R&B Grill

Rekan Media
Partenaires Médias
Media Partners :
Metro TV, Femina, Dewi, Pesona, Men’s Health, Reader’s Digest, CitaCinta, Gadis, Cleo, Grazia, Fit, Parenting, Best Life, U FM, Berita Satu.com, Jakarta Globe, Suara Pembaruan, Kemang Buzz, Student Globe, Campus Life, Media Indonesia, Koran Tempo, Kompas, VOI RRI, RRI Yogyakarta, NOW!Jakarta, Koran Jakarta, Seputar Indonesia, Hard Rock FM, Trax FM, Cosmopolitan FM, Provoke, OZ Bandung, Radio Geronimo Yogyakarta, Radio Female Yogyakarta, Harian Jogja, Kaskus, 8Bars, Djakarta!The Magazine, Radar Yogya, Kedaulatan Rakyat

No comments: