Monday, November 19, 2012

FESTIVAL SINEMA PRANCIS 2012

Festival dan Tur Sinema Prancis di Indonesia
Konferensi Pers & pemutaran :
Kamis, 22 November 2012 pk. 11.00 – 14.00
Cinema 21 Setiabudi
Edisi ke-17
Tanggal Baru – Konsep Baru – Materi Baru
8 - 10 Desember 2012 di Jakarta
Plaza Indonesia XXI, Kineforum, IFI Salemba & Wijaya
11 - 12 Desember 2012 di Bali
Kuta Beach Walk XXI
19 - 20 Januari 2013 di 10 kota di Indonesia
Cinema21/XXI Balikpapan, Bandung, Lampung, Makassar, Malang, Medan, Semarang, Solo, Surabaya dan Yogyakarta
 
DIGAGAS pada tahun 1996, Festival Sinema Prancis adalah festival sinema asing pertama di Indonesia dan merupakan jembatan penting yang menghubungkan sinema Prancis dengan masyarakat Indonesia. Festival Sinema Prancis mengalami transformasi dalam perjalanannya, sebagai sebuah dinamisasi; membaca perubahan dan perkembangan sinema baik di Prancis maupun Indonesia. Selalu mencari ikatan kuat antara festival dengan publiknya, melakukan dialog dua arah untuk membangun komunikasi yang berkelanjutan.
 
Dan tahun ini Festival Sinema Prancis menetapkan visinya ; membangun program yang berkelanjutan. Diawali berbagai program sejak awal tahun, bekerjasama dengan berbagai pihak di Indonesia untuk program sinema, program bantuan film, dan sebagainya, hingga menghadirkan program festival yang memberikan warna bagi sinema di Indonesia.
 
Program utama
Panorama lengkap tentang dunia perfilman Prancis saat ini
Seperti apa dunia perfilman Prancis saat ini?
Tahun ini,  Festival Sinema Prancis menawarkan sebuah seleksi film-film terbaru yang belum pernah ditayangkan di Indonesia, terdiri dari berbagai genre film (aksi, thriller, komedi, komedi romantis, drama), bekerja sama dengan Cineplex 21 dan « Rendez-Vous with French Cinema » Singapura.
 
Panorama lengkap tentang dunia perfilman Prancis kontemporer ini merupakan kesempatan untuk mempersembahkan kepada Anda film-film Prancis terbaik di bioskop Cineplex 21. Festival ini dimeriahkan juga dengan kehadiran beberapa aktor dan sutradara Prancis.
 
Fokus Olivier Assayas: retrospektif dan masterclass
Tokoh penting dalam dunia perfilman Prancis, Olivier Assayas telah membuat 14 film panjang, 3 film dokumenter dan 6 film pendek. Karya-karyanya banyak menerima penghargaan di berbagai festival internasional, seperti Mostra de Venise, Golden Globe Award bahkan LAFKA di Los Angeles.
 
Sebelum akhirnya bekerja di belakang kamera, Assayas bertahun-tahun menjadi penulis untuk Cahiers du Cinéma, sebuah majalah film terbaik di Eropa.
 
Olivier Assayas akan datang secara khusus ke Jakarta untuk memberikan sebuah masterclass yang diselenggarakan berkat kerjasama dengan JIFFEST, Sabtu 8 Desember di Plaza Indonesia XXI.
 
Sebuah retrospekif untuk film-film Assayas juga akan diputar di Kineforum dan Plaza Indonesia XXI tanggal 3-10 Desember.
 
Kompetisi film pendek nasional
Sejak tahun 2007, IFI mendukung promosi film-film pendek melalui program bulanan A courts d’écran, dan berharap dapat memberikan dukungan lebih untuk genre film ini guna menemukan bakat-bakat muda baru.
 
Untuk pertama kalinya, Festival Sinema Prancis mengadakan kompetisi film pendek nasional dengan tujuan menemukan sutradara-sutradara muda Indonesia yang menjanjikan, serta memberikan kesempatan untuk memperkenalkan karya-karya mereka ke khalayak ramai.
 
Untuk sutradara film terbaik pilihan juri akan diberikan hadiah berupa perjalanan ke Prancis untuk berpartisipasi dalam sebuah festival  film pendek pada tahun 2013 yang berguna juga untuk memperluas jaringan dan pengalamannya sebagai sineas.
 
Para penonton juga dapat memilih film favorit mereka untuk penghargaan Prix du Public (film pilihan penonton, red.)
 
Penyelenggaraan kompetisi:
Tiga puluhan film pendek akan diseleksi dan diputar pada Festival Sinema Prancis ini.
 
Sejumlah film terbaik akan dinominasikan untuk Prix du Jury (film pilihan juri, red.) dan ditayangkan sebelum pemutaran setiap film Prancis di Plaza Indonesia XXI,  Jakarta.
 
Film-film lainnya akan diputar di IFI Salemba dan Kineforum.
 
Program pendamping:
Antologi  Eagle Award  Documentary Competition
IFI menautkan Eagle Institute ke dalam program Festival Sinema Prancis: Antologi  Eagle Award  Documentary Competition (EADC) 2010-2012 akan diputar selama festival. IFI akan membiayai perjalanan dan partisipasi pemenang  EADC 2012 ke festival film dokumenter di Prancis pada tahun 2013.
 
Program kerjasama dengan ChopShots, festival film dokumenter Asia Tenggara
Festival Sinema Prancis menggabungkan retrospektif Olivier Assayas dengan ChopShots melalui pemutaran film dokumenter HHH, yang  menjadi bagian dari program kedua festival. Kerjasama ini menggambarkan keinginan IFI untuk bekerja secara terus-menerus dengan para pegiat seni di Indonesia dan menciptakan hubungan yang hangat dan kuat dengan para mitra kerjanya.
 
Presentasi spesial dari Campus France: belajar sinema di Prancis
Campus France adalah sebuah badan yang bekerja untuk mempromosikan pendidikan tinggi Prancis. Dalam rangka Festival Sinema Prancis, Campus France akan memberikan sebuah pengenalan berbagai studi yang berhubungan dengan sinema di Prancis dan memberikan berbagai macam informasi praktis yang berguna (pendaftaran, beasiswa, dll.).
 
Presentasi Aide aux Cinémas du Monde (program bantuan untuk perfilman dunia)
Aide aux Cinémas du Monde adalah sebuah program bantuan untuk sinema asing yang dikelola oleh Centre National du Cinéma et de l’Image Animé (CNC) dan Institut Français.
 
Presentasi mengenai program ini bertujuan untuk memperkenalkan secara mendetail fungsi, manfaat dan mekanisme program bantuan dari Prancis ini, yang memberikan kesempatan setiap tahunnya kepada sutradara-sutradara dari seluruh penjuru dunia untuk memanfaatkan bantuan  finansial ini dalam rangka merealisasikan film panjang mereka.
 
Website:
 
Informasi lebih lanjut:
Ananda Dinanti – Penanggung Jawab Media IFI
P. 0821 2407 5225

No comments: