Sunday, January 13, 2013

Tanggung Jawab

Oleh:
Gatot Mindset Therapist
 
Setiap akhir tahun sebagian orang mengevaluasi resolusi tahun ini dan menyusun resolusi tahun depan. Ada yang tercapai ada juga yang belum. Faktor apa yang menyebabkan goal belum berhasil di capai?

Ngomong-ngomong soal masa kini, maksud saya saat ini, akhir tahun 2012 dan sebentar lagi kita akan membuka tahun baru 2013, apa rencana Anda di tahun mendatang? Berbagai rencana pastinya sudah atau akan Anda susun, kita mengenalnya sebagai resolusi tahun baru.

Menurut Anda, apa yang membuat sebuah resolusi bisa dijalankan? Banyak hal pastinya. Namun pernahkah Anda sadari bahwa fondasi utamanya adalah tanggungjawab. Responsible = response + able. Kemampuan untuk merespon. Siapa yang memiliki kemampuan untuk merespon agar resolusi tahun ini terwujud? Tanggungjawab siapakah itu?

Membicarakan tanggungjawab adalah hal mudah. Menerima tanggungjawab adalah sebaliknya. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, entah di rumah, sekolah, kantor bahkan negara sekalipun, maka setiap orang cepat-cepat mencuci tangan dan menunjuk orang lain sebagai penanggungjawab. Bahkan di kitab suci pun dikisahkan, ketika Adam berbuat dosa pertama kali, ia melempar tanggungjawab dan menyalahkan Hawa. Menyalahkan orang lain, menyalahkan lingkungan adalah ciri unresponsible. Gara-gara partner saya, ini kesalahan bawahan saya, ini tanggungjawab atasan saya, ini pengaruh lingkungan. Tidak asing dengan hal itu kan?

Saat kita menyerahkan tanggungjawab selain kepada diri sendiri, maka kita mengakui bahwa kita unable to response, ingat responsible = response + able. Melepas tanggungjawab sama artinya melepas kemampuan untuk merespon. Hidup memberikan banyak hal, sayang sekali jika kita tidak meresponnya.

Ketika Anda ambil tanggungjawab, anda berikan kemampuan penuh pada diri sendiri untuk merespon. Ketika resolusi tahun ini ada yang belum berhasil, jangan-jangan karena Anda melepas tanggungjawab. Ih nyindir ya? Berarti benar dong hehehehe.

Anda sudah membuat wheel of life seperti yang ada di artikel ini? Jika sudah ataupun belum, kira-kira tanggungjawab siapa agar wheel of life Anda seimbang? Iya saya tahu, tanggungjawab saya sendiri khan? Absolutely. Jadi ketika saat ini Anda menyusun resolusi untuk tahun 2013, maka pastikan setiap outcome yang akan Anda dapatkan tahun depan, ada dalam tanggungjawab Anda sendiri.

Gatot Mindset Therapist
www.gatotjogja.com
Cell: 087838131746
BBM PIN: 20FF6163

3 comments:

Anonymous said...

The interesting part of learning the counter jungling whish is most of the time not taught on other guides is the ability to leave players far far behind.
An intern in a hospital is dispatched to the morgue located in the basement of the building.
They continually know exactly where enemy champions are
by often glancing on the minimap.

Also visit my website - summoners war sky arena hack

Anonymous said...

Builders can also create personalized toggles SB options.
Many individuals are jailbreaking their
iPad2 to make it much better than before. They don't want to be connected with only
on AT&T network.

My homepage; top cydia sources for games

jasacateringsurabaya.blogspot.com said...

Nice Post, I Like It

Please... click my blog Catering Service