Tuesday, May 22, 2012

Rolling Stone Indonesia

Pembuka cakrawala musik elektro-rock di Transmusicales de Rennes 2008, Success berhasil menyatukan para penggemar rock dan clubber di lantai dansa. Membawakan musik rock kawin silang, kreatif dan ceria, setiap penampilan mereka menyetrum panggung. Suara gitar yang kuat dan sangat groovy, ritme drum yang mematikan, dan semua itu dikepalai oleh si hiperaktif Mister Eleganz, vokalis yang histeris serta jenius. Success merayu, mempermainkan dan menggoda. Benar-benar spektakuler di kancah musik elektro-rock, mereka takkan membiarkan para penonton diam tak peduli.

Mister Eleganz yang aristokrat dan arogan adalah pusat kekuatan band Success. Penampilannya seperti pesolek (dengan setelah jas lengkap dan pose-pose khasnya yang anggun), Mister Eleganz memiliki kemampuan bermusik yang nyaris sempurna. Mengenai eksistensi para musisi lainnya, ia berpendapat, “Kebanyakan artis sangat amat kurang bersifat arogan. Saya tidak tahan dengan para penyanyi yang gayanya terlalu sederhana.”


Ia juga membuat mitologi tentang dirinya sendiri, dengan mengklaim dirinya sebagai percampuran antara Dean Martin dan Frank Sinatra, seperti serta anak terlantar dari Patti Smith dan Tony Clifton yang lahir di Kentucket, kota pelabuhan kecil yang jaraknya 300km dari laut. Karya legendarisnya dimulai tahun 2007 dengan judul “Girls from New Orleans” yang memiliki ritme liar dan kemudian menjadi perhatian bagi banyak DJ dan produser musik di seluruh dunia. Di Prancis sendiri, Success mengisi berbagai festival musik avant-garde selama bertahun-tahun (Transmusicales Rennes, Marseille Marsatac, ...) yang kemudian memenuhi ramalan mereka sesuai namanya: sukses yang berkembang.

Album perdana mereka "Hard to come back" dipakai sebagai soundtrack “Zombieland”, sebuah film yang mencapai box office di Amerika tahun 2009. Akhir 2010, album kedua Success yang terdiri atas 5 lagu “The Secret” menjadi ruang bagi band ini untuk menunjukkan kekuatan dan energi mereka. Album ini diproduksi dan diarahkan oleh Antoine Cleavers.

“Secara musikal, saya mempunyai divisi Pander di belakang saya.” Seperti inilah cara Mister Eleganz memperkenalkan grup bandnya ke publik, grup yang terdiri atas 3 personil berasal dari Inggris seperti dirinya, dan ia juga menyempatkan bercerita kesuksesan bandnya. Ketiga personil sudah terbiasa dengan tingkah eksentrik Mister Eleganz selama wawancara atau di atas panggung, dan mereka tetap sabar ketika sang penyanyi menyudahi konsernya dengan hanya memakai pakaian dalam ataupun melompat ke penonton dengan berbagai tingkah liarnya.

Karakter jenakanya ini lahir ketika menyaksikan konser Iggy Pop di tahun 2005 di Prancis. Saat itu ia naik ke atas panggung untuk bernyanyi bersama idolanya. Keberanian dan sikapnya yang tidak terkendali ini justru membuat karakternya semakin kuat. Penonton di konser tersebut malah menjadi cemburu dan ingin juga merasakan sepanggung dengan Iggy Pop. Mister Eleganz pun berhasil menarik perhatian semua orang tanpa terkecuali.

Dengan pemimpin band yang eksentrik ini, Success lebih mirip dengan mitos rock versi Prancis. Mereka menegaskan, “Genre kami bukan elektro-rock, tapi rock dengan sentuhan elektro!” Lalu mereka menambahkan, “Success adalah sebuah band rock dimana sentuhan elektro bukan dekorasi semata. Obsesi kami adalah kekuatan.”

*  *  *  *  *

MUSISI:
Vokal : Mister Eleganz
Gitar & vokal latar : Youl Reicher
Perkusi & vokal : Jo
Drum & komputer : DJ Good Feelin'

DISKOGRAFI:
• 2010 : Success
• 2007 : Reggaeton Mega Hypperotic
• 2006 : Sonic Wonderland : A Journey Through Trihop and Drum ‘n’ Bass

WEBSITE:

TUR SUCCESS DI INDONESIA:

SURABAYA
24 Mei – 19.30
Ballroom – Sheraton Hotel Surabaya
Jl. Embong Malang 25-30 Surabaya
T. (031) 546 8000
Gratis

JAKARTA
26 Mei – 20.00
Rolling Stone Indonesia
Jl. Ampera Raya No. 16 Jakarta Selatan
T. (021) 781 6611
Gratis

Partenaires officiels
Official partners
Groovia Lite Telkom, Le Méridien Jakarta, Oh La La Cafe, Sheraton Surabaya, Total E&P Indonésie, Weda Bay Nickel

Partenaires associés
Associate partners
Ibis Bandung

Bekerjasama dengan
En collaboration avec
In collaboration with :
Kota Surabaya, Rolling Stone Indonesia

Didukung oleh
Avec le soutien de
Supported by :
Institut Français, Aqua Danone

Rekan Media
Partenaires Médias
Media Partners :

Metro TV, Femina, Dewi, Pesona, Men’s Health, Reader’s Digest, CitaCinta, Gadis, Cleo, Grazia, Fit, Parenting, Best Life, U FM, Berita Satu.com, Jakarta Globe, Suara Pembaruan, Kemang Buzz, Student Globe, Campus Life, Media Indonesia, Koran Tempo, Kompas, RRI, NOW! Jakarta, Koran Jakarta, Colors Radio, Hard Rock FM, Trax FM, Cosmopolitan FM, Provoke, Kaskus, 8Bars, Citymagz, Djakarta! The Magazine.


*  *  *  *  *
Press Contact:Ananda Dinanti - Media Relations IFI
Phone: 390 8585
Cell: 0821 24 07 52 25
info.jakarta@institutfrancais-indonesia.com
http://www.institutfrancais-indonesia.com/
Facebook: IFI.Jakarta
Twitter: @IFI_JAKARTA
YM: ifidejakarta

No comments: