Tuesday, May 29, 2012

UN JOUR EN FRANCE - TRIO CÉDRIC HANRIOT

KAMPUS UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

UN JOUR EN FRANCE
Institut Prancis di Indonesia / IFI dan Campus France Indonesia serta Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta melaksanakan kerja sama dalam bidang pendidikan, kegiatan ilmiah dan budaya, dimana salah satu perhelatan besar akan dilaksanakan pada tanggal 30 Mei 2012 di Kampus UIN Jakarta. Acara ini dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara IFI dan UIN Jakarta yang dilanjutkan dengan peresmian dibukanya cabang IFI baru di Pusat Bahasa Kampus UIN Jakarta.

Selain sambutan dari Rektor UIN Jakarta, Bapak Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Yang Mulia Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Bapak Bertrand Lortholary turut hadir untuk meresmikan kerja sama ini. Dalam bidang pendidikan, IFI akan mengadakan kelas pengenalan bahasa Prancis, kemudian Campus France Indonesia memberikan presentasi gratis kepada para pengunjung mengenai informasi beasiswa serta studi di Prancis dengan berbagai jenjang.



Berbagai pertunjukan seni dan budaya akan diadakan sepanjang hari, dimulai dari tari tradisional, demonstrasi kuliner Prancis, pemutaran film dan permainan dalam bahasa Prancis. Pada pukul 19.00 malam akan tampil grup musik Jazz asal Prancis, Trio Cédric Hanriot dengan konser bertajuk “French Stories”.


TRIO CÉDRIC HANRIOT
Setelah dua turnya yang sukses di Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Jakarta dan Ambon tahun 2011 lalu, Trio « French Stories » akhirnya kembali lagi ke Indonesia dan menjadi salah satu pengisi acara festival Printemps Français 2012. Kali ini mereka tampil untuk sebuah konser istimewa yang bertempat di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta dalam rangka Hari Bahasa Prancis dan peresmian kerja sama baru antara IFI dan UIN Jakarta, lokasi dimana IFI akan membuka cabang barunya pada bulan September 2012 nanti.

Pianis dan komposer Cédric Hanriot adalah seorang pengajar yang secara aktif memberikan masterclass dan klinik musik di Eropa, Amerika Utara dan Asia. Bersamaan dengan proyek French Stories-nya, ia sudah pernah bermain dan rekaman bersama raksasa-raksasa jazz seperti Deedee Bridgewater, Cindy Blackman dan Joe Lovano.

Artis jenius ini mengerjakan semua hal. Ia menulis lagu, mengaransemen, memproduksi, memprogram desain suara untuk berbagai proyek musik dalam varian musik yang juga kaya: elektro, pop, RnB, hip hop, blues, jazz, latin, musik-musik Prancis, musik dunia, musik untuk permainan video, video/iklan/jingle.

Dibantu oleh Bertrand Beruard dan Jean-Baptiste Pinet, lewat albumnya « French Stories », ia menyuguhkan kepada kita remake lagu-lagu jazz Prancis yang terkenal, serta kumpulan lagu karya-karyanya sendiri. Dengan bakatnya, Trio Cédric Hanriot mendaur ulang karya Brel dan Piaf tanpa melewatkan karya-karya Nougaro, dan menyajikannya kepada kita dalam bentuk jazz kontemporer di mana terdengar intonasi nada dari bebagai jenis musik : hip-hop, african beat dan electronic.

Terhitung terlambat menggeluti dunia musik, Cédric Hanriot mulai belajar piano dan musik pada usia 21 tahun, setelah ia mendapatkan gelar sarjananya di bidang Elektronik dan Pengelolaan Sinyal Audio. Sebagai pianis, komposer, penggubah musik serta penerima beasiswa bergengsi Franco-Américaine Fulbright, Cédric Hanriot tampil hampir di seluruh penjuru dunia, terutama di tempat-tempat terhormat, seperti di Iridium, New York, AS dan Exposition Universelle 2012 di Shanghai, Cina.

Diskografi:
French Stories (17 Februari 2011)

Musisi:
• Piano, keyboard, programming, laptop: Cédric Hanriot
• Bass: Bertrand Beruard
• Drum: Jean Baptiste Pinet

Website Trio Cédric Hanriot:
http://www.cedrichanriotmusic.com/
www.myspace.com/cedrichanriot
www.facebook.com/pages/Cedric-Hanriot/137072686362948
www.twitter.com/#!/cedrichanriot

Informasi lebih lanjut:
UIN Jakarta : http://www.uinjkt.ac.id/
IFI : http://www.institutfrancais-indonesia.com/
http://www.indonesie.campusfrance.org/

Rekanan Resmi/Partenaires officiels/Official partners:
Groovia Lite Telkom, Le Méridien Jakarta, Oh La La Cafe, Sheraton Surabaya, Total E&P Indonésie, Weda Bay Nickel

Rekanan Pendamping/Partenaire associé/Associate partner
Ibis Bandung

Bekerjasama dengan/En collaboration avec/In collaboration with :
UIN Jakarta

Didukung oleh/Avec le soutien de/Supported by :
Spedidam, Adami, Aqua Danone

Rekan Media/Partenaires Médias/Media Partners:
Metro TV, Femina, Dewi, Pesona, Men’s Health, Reader’s Digest, CitaCinta, Gadis, Cleo, Grazia, Fit, Parenting, Best Life, U FM, Berita Satu.com, Jakarta Globe, Suara Pembaruan, Kemang Buzz, Student Globe, Campus Life, Media Indonesia, Koran Tempo, Kompas, VOI RRI, NOW!Jakarta, Koran Jakarta, Provoke, Hard Rock FM, Trax FM, Cosmopolitan FM, 8Bars, Kaskus, Djakarta!The Magazine.