Saturday, January 26, 2013

Dua Latihan Penting bagi Sales People

Oleh: Made Teddy Artiana

Meskipun dua exercise ini rada nyeleneh, namun bagi mereka yang berprofesi sebagai Sales person (penjual), ini sangatlah penting.

Yoga Praktis
Ketika bicara "Yoga" tentu bukan ritual yang saya maksud, karena memang ketika kita bicara ritual, mau tidak mau akan bersinggungan dengan agama dan kepercayaan orang-perorang.

Yoga modern, jelas berbeda. Yoga modern lebih menfokuskan diri pada senam "peregangan&qu ot;.

Terdengar sederhana, namun belajar Yoga erat kaitannya dengan belajar DIAM dan MENDENGARKAN. Dua hal itu, semakin diyakini sebagai sesuatu yang kritikal bagi kesuksesan seseorang.

Selain dua hal diatas, PENERIMAAN DIRI, PERCAYA DIRI, FLEKSIBLE, FOCUS dan FIT.
Bairkan saya menjelaskannya secara cepat kepada Anda, satu persatu.

DIAM (berdoa : meditasi, menenangkan diri) berhubungan dengan TUHAN

MENDENGARKAN : melatihkan kita untuk mendengar hal-hal yang "halus" dan sering terabaikan : nafas, jantung, gesture dan suara dari tubuh kita. Faktanya, tubuh kita intens berkomunikasi.

PENERIMAAN DIRI : Penerimaan diri adalah titik berangkat sebuah kesuksesan. Ada gerakan yang sudah bisa anda lakukan dan ada yang belum. Untuk yang belum, kata kuncinya adalah "jangan dipaksa" . Tubuh kita dan seluruh keberadaannya perlu "waktu" untuk berproses.

PERCAYA DIRI : setelah Anda bisa melakukan gerakan-gerakan challenge, maka kepercayaan diri Anda otomatis meningkat. Selain itu, yoga membakar timbunan lemak dan membuat Anda percaya diri akan bentuk tubuh Anda.

FLEKSIBLE : badan yang fleksible, dimulai dari fikiran serta sikap tubuh yang fleksible. ini melatih Anda fleksible dalam setiap pendekatan Anda ke calon pembeli. Mengapa fleksible itu menjadi penting? Karena setiap orang itu unik.

FOCUS : Yoga membuat Anda mudah sekali untuk fokus. Banyak gerakan-gerakan Yoga, yang mustahil Anda lakukan dalam keadaan tidak fokus.

FIT : jelas peredaran darah, oksigen dan pembuluh limfe yang lancar otomatis membuat Anda berada di top performance.

Exercise selanjutnya adalah......

Story Telling
Begitu banyak Sales hanya menggunakan BIBIR mereka untuk bicara. Mereka lupa menggunakan mata, wajah, tangan, kaki, sepatu, bahkan kancing baju mereka!

Dan yang menyedihkan. .mereka fasih bicara..(Dalam artian textbook atau hafalan) BUKAN bercerita. Padahal media komunikasi tertua adalah BERCERITA.

Yang lebih menyedihkan lagi adalah ketika Orang Sales...yaaa tadi itu..hanya menggunakan bibir. Lupa menggunakan TULISAN..padahal coba Anda pikirkan baik-baik..

TULISAN Anda, berbicara dengan jarak lebih jauh, lebih lama dan lebih hebat dari bibir Anda. Internet, FB, BB dan Twitter adalah kurirnya. Paketnya apa dong? Paketnya adalah CERITA.

Namun sayang Orang Sales menggunakan kurir-kurir diatas untuk mengantarkan BOM! Contohnya?

"Anda perlu produk A, B, C..beli di kami..bla..bla. .bla..."
"Hubungi kami jika Anda perlu..bla.. bla..bla"
- - - - - -
Made Teddy Artiana
(ghost-writer, photographer & event organizer)

No comments: