Thursday, March 7, 2013

LES MUSICIENS DU LOUVRE GRENOBLE


MARC MINKOWSKI

Kamis, 7 Maret 2013 – 20.00
Teater Jakarta – Taman Ismail Marzuki

Tentang Orkestra LES MUSICIENS DU LOUVRE GRENOBLE
Didirikan tahun 1982 oleh konduktor Marc Minkowski, Les Musiciens du Louvre Grenoble memberikan nafas baru pada repertoar zaman Barok, Klasik, dan Romantik. Sepanjang 30 tahun terakhir, orkestra ini menyita perhatian publik dengan membawakan interpretasi ulang mereka pada karya-karya Handel, Purcell dan Rameau, juga Hadyn dan Mozart, serta yang teranyar adalah Bach serta Schubert. Grup ini terkenal sering menampilkan berbagai karya musik klasik abad ke-19 dengan memainkan instrumen musik khas era tersebut; Berlioz Les Nuits d’été, Harold en Italie, Bizet L’Arlésienn dan Massenet Cendrillon.

Selain itu, mereka sukses membawakan karya Offenbach Hoffmann’s Tales di Salle Pleyel di Paris, karya Handel Alcina di Vienna Staatsoper, karya Mozart Cosi fan tutte di Salzburg Summer Festival, “Idemeneo” di Aix-en-Provence Festival - Salzburg Mozartwoche, serta Musikfestbremen dimana orkestra ini tampil secara rutin sejak 1995. 

Untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-30, Les Musiciens du Louvre Grenoble mempersembahkan tur besar di Asia. Setelah konser simfoni di Teater Jakarta di bawah baton Marc Minkowski, sebuah kuartet akan tampil di Bandung memainkan repertoar barok Prancis.

Tentang Konduktor MARC MINKOWSKI
Mengawali karir bermusiknya sebagai pemain bassoon, Marc Minkowski telah menjadi konduktor sejak usia dini. Pada umur 19 tahun ia mendirikan Les Musiciens du Louvre, sebuah ensambel yang memainkan peranan penting dalam membangkitkan kembali musik Barok. Mereka mengeksplorasi repertoar Prancis dan Handel sebelum kemudian menekuni Mozart, Rossini, Offenbach, Bizet dan Wagner. Dengan antusiasme dan gayanya yang enerjik, kecintaannya pada repertoar liris membuat  banyak panggung besar dunia tertarik padanya

Marc Minkowski telah menjadi konduktor musik Sinfonia Varsovia sejak 2008 dan juga merupakan tamu reguler di banyak orkestra, dengan repertoar yang kian hari fokus pada musik dari komposer abad ke-20; Ravel, Stravinsky, Lili Boulanger, Roussel, Adams, Gorecki, dan Olivier Greif. Sepanjang 2012-2013 Marc Minkowski ditunjuk sebagai Direktur Artistik untuk karya Mozart « Lucio Silla » di Salzburg Mozartwoche dan akan ditampilkan di Bremen, Jerman bulan September mendatang.

Website: www.mdlg.net

Informasi lebih lanjut :
Konser Jakarta
IFI Jakarta : Jl. Salemba Raya no. 25 Jakarta Pusat
T. (021) 390 8585
info.jakarta@institutfrancais-indonesia.com
Facebook : facebook.com/IFI.Jakarta
            Twitter : @IFI_JAKARTA 



No comments: